JP-HI-Ad-Dawah

Tentang Jurnal Ini

Jurnal Pendidikan dan Hukum Islam Ad-Da'wah adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ad Da'wah Rangkasbitung. Jurnal ini menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mengkaji, mengembangkan, dan menyebarluaskan hasil penelitian serta gagasan dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Fokus utama jurnal ini mencakup isu-isu kontemporer, metodologi pengajaran, kurikulum, serta dinamika pendidikan Islam di berbagai tingkat. Dengan semangat dakwah dan keilmuan, jurnal ini berupaya berkontribusi pada penguatan nilai-nilai keislaman melalui pendidikan.

Terbitan Terkini

Vol 2 No 1 (2022): Pendidikan Agama Islam di Era Transformasi Digital dan Sosial: Inovasi, Moderasi, dan Penguatan Nilai

 

Edisi jurnal ini menyoroti dinamika Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi era pasca-pandemi dan tantangan sosial keagamaan modern. Ahmad Rofiq membuka diskusi dengan kajian historis-transformasional pemikiran Mathla’ul Anwar selama seabad. Inovasi pembelajaran berbasis digital di sekolah menengah dan pendekatan kontekstual dalam PAI dikupas oleh Adi Noviardi dan Mochamad Gilang A Mubarok, diikuti oleh evaluasi Kurikulum Merdeka oleh Suhaebi. Artikel Heri Setiaji dan A. Zaenal Arifin mengupas strategi penanaman akhlak dan antisipasi radikalisme di sekolah. Lesti Lestari dan Syukriyah membahas pembentukan karakter moderat serta literasi digital keislaman. Di tingkat dasar dan pesantren, Achmad Husen dan Suheri menjelaskan penguatan nilai multikultural dan internalisasi Aswaja. Seluruh artikel membentuk satu kesatuan reflektif atas urgensi pendidikan Islam yang adaptif, inklusif, dan relevan bagi generasi masa kini.

Diterbitkan: 27-06-2022
Lihat semua terbitan