Vol 2 No 1 (2022): Pendidikan Agama Islam di Era Transformasi Digital dan Sosial: Inovasi, Moderasi, dan Penguatan Nilai

 

Edisi jurnal ini menyoroti dinamika Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi era pasca-pandemi dan tantangan sosial keagamaan modern. Ahmad Rofiq membuka diskusi dengan kajian historis-transformasional pemikiran Mathla’ul Anwar selama seabad. Inovasi pembelajaran berbasis digital di sekolah menengah dan pendekatan kontekstual dalam PAI dikupas oleh Adi Noviardi dan Mochamad Gilang A Mubarok, diikuti oleh evaluasi Kurikulum Merdeka oleh Suhaebi. Artikel Heri Setiaji dan A. Zaenal Arifin mengupas strategi penanaman akhlak dan antisipasi radikalisme di sekolah. Lesti Lestari dan Syukriyah membahas pembentukan karakter moderat serta literasi digital keislaman. Di tingkat dasar dan pesantren, Achmad Husen dan Suheri menjelaskan penguatan nilai multikultural dan internalisasi Aswaja. Seluruh artikel membentuk satu kesatuan reflektif atas urgensi pendidikan Islam yang adaptif, inklusif, dan relevan bagi generasi masa kini.

Diterbitkan: 27-06-2022